Budi Raharjo – Guest Lecture

Pagi itu, saya datang cukup pagi, sempat sarapan dan melakukan hal lain. Di kelas waktu menunjukan pukul 07.03 tapi hanya beberapa kursi yang terisi. Sembari bermain dengan blackberry, saya sesekali melempar pandangan ke arah meja guru. Terdapat sosok, pria, hem, paruh baya mungkin ya? atau udah cukup tua, menggunakan polo shirt hitam dan celana kebesaran. Tipikal yang sering muncul dengan istilah urakan di otak saya.

Perawakannya menyenangkan, pembawaannya santai dan nyambung. Terlihat kok dari caranya menyampaikan sesuatu. Nggak kaku kaya guest lecture bapak-bapak membosankan hehehe

Pak Budi, sedikit banyak menceritakan tentang Informasi dan Teknologi, yang sebenarnya saya kurang tertarik :p hehe tapi karena pembawaannya asik dan kebetulan duduk di depan, saya pagi itu menjelma jadi pendengar yang baik deh.

Nggak banyak yang bisa saya dapatkan dengan kondisi otak saya waktu itu, yang tertutup. dan Saya nggak akan bahas mengenai teknologi, Tapi seperti biasa saya menangkap kata kata yang saya suka.

Pak Budi bilang,

“We have to find ourselves, astleast, before we turn 35. If we haven;t found our real self when we’re on that age, then we’re just a zombie, a body without soul walking on this earth”

“Create something that makes yourself, more you!”

Lagi, saya kembali masuk ke pemikiran yang tertahan beberapa hari ini. Tentang, being who you are. Exploring yourself and do what you do. Seperti contohnya, Pak Budi sendiri.

Dia adalah seseorang yang telah berhasil mengeksplor dirinya sendiri, mengembangkan apa yang ia suka dan mengenalkannya pada dunia luar. Di bidang IT, tak perlu di ragukan lagi, Pak Budi jagonya, terlihat dari cerita penglamannya menciptakan banyak terobosan baru di bidang IT seperti .id, musik digital dan lain hal. Saya cukup kaget mengetahui beliaulah yang menciptakan .id hehe itukan keren banget. Tapi ternyata beliau melepaskan proyek tersebut, malah beralih ke proyek lain. Wow. He’s the real entrepreneur, what a risk taker. Pak Budi, sepanjang pagi itu terus bercerita mengenai perkambangan IT dan tak jarang menyelipkan kisah sukses dan gagalnya, dengan percaya diri tinggi.

Sejujurnya cerita tentang pengalaman yang telah ia alami, tentang bagaimana ia memulai sebuah proyek bisnis, sangat bertentangan dengan apa yang diajarkan di SBM. Tentang teori business plan dan lainnya. Tapi itulah yang menarik, betapa di dunia nyata, pengaplikasian semua teori bisnis, tidaklah mudah dilakukan. Hanya perlu pintar-pintar berbicara, meyakinkan, dan lagi, koneksi yang kuat will help you!

Saya melihat banyak sekali ilmu dari sosok seorang Budi Raharjo. Pengalaman yang tanpa batas dari segala aspek dan jiwa petualang yang terus menggebu. Sungguh sosok yang menarik. Pantas untuk dikagumi dan di tiru.

About astridhandari

www.facebook.com/astridhandari astridh.tumblr.com @astridhandari
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

